Menyusun Formulasi Pakan Ayam dengan Metode Trial and Error










Dalam menyusun formulasi pakan ayam perlu diperhatikan adalah harga pakan, jumlah % bahan pakan, dan sesuaikan dengan standar kebutuhan ayam. Agar dapat meningkatkan keuntungan yang lebih maka perlu pertimbangan harga, bahan pakan bisa diambil dari limbah pertanian yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik dan disukai ayam. Semakin banyak jenis jenis bahan pakan yang terdapat dalam ransum akan semakin baik. Pakan tersebut bisa dibilang berkualitas.

Setiap fase ayam memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda beda. Misalnya saat ayam masih kecil membutuhkan protein yang lebih tinggi untuk perkembangan organ organ dan daya tahan tubuh. kemudian pada fase grower juga memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda untuk pertumbuhan daging. Ayam petelur yang sudah betelur membutuhkan mineral yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam muda.Dalam menyusun formulasi pakan harus mempertimbangkan hal tersebut.
Ada beberapa metode dalam penyusunan formulasi pakan ayam, ada yang menggunakan metode pear person squer dan trial and error. Trial end Error dapat diartikan sebagai metode mencoba coba formula bahan pakan dan prosesnya terjadi kesalahan yang terus diperbaiki , sehingga mendekati benar, kesalahan dapat dikurangi atau dihilangkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Omasum

Rumen

Retikulum