Nutrisi Penyusun Tubuh Ternak


Beberapa komponen nutrien penyusun tubuh ternak sebagai berikut :
  • Air
Air mempunyai fungsi yang sangat penting bagi setiap tubuh ternak. Pada bagian-bagian organ tubuh ternak memiliki kadar air berbeda . Ada yang kadar airnya tinggi dan ada pula kadar airnya rendah. Semua tergantung dari fungsi masing-masing bagian organ tubuh ternak itu sendiri. Pada pedet baru mempunyai kadar air yang cukup tinggi yaitu sebanyak 74 %.
  • Protein
Protein merupakan struktur yang sangat penting untuk jaringan jaringan lunak di dalam tubuh hewan seperti urat daging, tenunan pengikat, kolagen, kulit, rambut, kuku. Semua protein itu sama dibentuk oleh asam-asam amino, namun rangkaian asam-asam amino di dalam kebanyakan protein yang terdapat di alam berbeda nyata satu dengan yang lain. Asam amino yang tidak bisa di sintesis hewan digolongkan ke dalam asam-asam amino esensial dan harus dipenuhi melalui ransum. Kemudian asam-asam yang dapat di sintesis hewan di golongkan ke dalam asam amino non esensial.
  • Lemak
Lemak sekarang disebut ester lemak murni dari gliserol yaitu trigliserida. Lemak adalah gliserol padat. Lemak atau lipida disimpan dalam jaringan- jaringan yang berlemak di seluruh tubuh yang mempunyai fungsi sebagai cadangan energi. Kadar lemak tubuh sangat bervariasi tergantung berbagai faktor antara lain umur, pakan, aktivitas, dan sebagainya.
  • Karbohidrat
Ada dua macam karbohidrat utama di dalam tubuh yaitu glukosa dan glikogen. Keduanya terdapat di dalam hati, otot, dan di dalam darah yang berfungsi sebagai sumber energi. Energi dipergunakan oleh hewan untuk keaktifan dalam reaksi- reaksi kimia yang membantu metabolisme perkembangan dan hidupnya.
  • Mineral

Macam dan tinggi rendahnya mineral tubuh tergantung dari umur, kondisi, dan spesies ternak. Ada tujuh macam mineral utama penyusun tubuh ternak dengan kadar yang berbeda yaitu : Kalsium 1,33 % ; Fosfor 0,74 % ; Kalium 0,19 % ; Natrium 0,15 % ; Klor 0,11 % ; Magnesium 0,04 % ; Belerang 0,15%.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Omasum

Rumen

Retikulum