Keuntungan Dalam Pemeliharaan Kambing dan Domba



Daging Domba sudah sangat umum dikonsumsi oleh masyarakat luas. Daging domba dapat dikonsumsi dalam bentuk olahan masakan misalkan sate, gulai, sup, tongseng , tengkleng, dan lain -lain. Macam-macam masakan tersebut begitu banyak dijumpai di kota- kota maupun di pinggir jalan. Dari kondisi tersebut membuktikan bahwa daging domba maupun kambing diminati oleh masyarakat.

Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk , pendapatan masyarakat maka tingkat konsumsi daging kambing maupun domba juga meningkat pula. Daging  kambing maupun domba merupakan produk protein hewani.


Selama ini pemeliharaan kambing masih belum besar produktivitasnya, masih tergantung dengan cara tradisional belum dipelihara dalam jumlah besar serta manajemen pemeliharaan yang modern. Keterbatasan modal menjadi kendala bagi peternak, masih kecil skala usaha, rendahnya produksi, masih mengandalkan pakan hijauan dari sekitar, produktivitas belum optimal karena potensi genetik yang tidak sesuai.


Budidaya domba maupun kambing dapat ditingkatkan dengan baik bila ditunjang dengan ketersediaan bibit yang berkualitas keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki peternak memadai. Ini akan menjadi peluang bisnis yang baik dan menguntungkan untuk dikembangkan. Berikut adalah keuntungan- keuntungan dalam usaha budidaya domba dan kambing :

1. Membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan  dan pengentasan kemiskinan. Pemeliharaan dalam skala besar dapat memperkerjakan banyak karyawan untuk memelihara ternak.
2.    Merupakan sumber tabungan yang sewaktu- waktu dapat dijual dengan mudah.
3.   Modal yang diperlukan dalam pemeliharaannya lebih sedikit dari ternak lain seperti sapi, maupun kerbau.
4.  Pemeliharaan domba maupun kambing dapat diberikan pakan dengan memanfaatkan limbah pertanian sekitar atau dapat mengolahnya menjadi pakan yang berkualitas melalui teknologi pakan seperti fermentasi.
5.  Limbah dari kotorannya dapat diolah menjadi pupuk pertanian sehingga menambah keuntungan dalam pemeliharaan.
6.   Daging domba dan kambing merupakan sumber protein hewani. Susunya juga dapat diolah menjadi produk-produk makanan olahan susu.
7.  Selain daging, kulitnya dapat diolah menjadi bahan produksi dalam industri tekstil, accessories dan lain-lain.

8.     Perkembangbiakan kambing maupun domba sangat cepat dibandingkan ternak sapi. 

Banyak keuntungan yang didapat dari berternak kambing dan domba. Pemeliharaan secara intensif dapat menjadi lebih produktif, memudahkan dalam teknis pemeliharaan seperti pemberian pakan dan minum, pembersihan kandang, mempermudah dalam pengawasan perawatan, kesehatan terjamin, dan menghemat tenaga.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Omasum

Rumen

Retikulum