Nutrisi Penyusun Pakan Ternak



Nutrisi di dalam pakan digunakan untuk keperluan pertumbuhan sel , pengganti sel tubuh yang rusak atau mati, menghasilkan produk yang berupa energi , telur, susu, dan lainnya. Tanaman pakan ternak mengandung berbagai nutrien seperti air, protein, lemak, karbohidrat, mineral, vitamin. Tanaman merupakan sumber penting untuk kehidupan ternak, oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa tanaman membentuk nutrien kemudian ternak yang memakannya.

Berikut nutrien penyusun pakan ternak :

a. Air
  • Lebih dari 80 % penyusun utama tanaman pakan hijauan segar adalah air. Tanaman yang lebih muda lebih banyak kadar airnya dibandingkan dengan hijauan yang tua. Setiap tanaman juga memiliki kandungan air yang berbeda. Dan pada bagian-bagian tanaman juga memiliki kadar air yang berbeda pula, kadar air pada daun berbeda dengan kadar air pada batang.Contoh seperti pada rumput gajah (Pennisetum Purpureum) pada umur 3 minggu 86.39%, umur 4 minggu 85.30 %. Kandungan air dengan batang juga berbeda, pada daun 82.16 % sedangkan pada daun 87.35%.
b. Protein
  • Pada umumnya tanaman legum memiliki kadar protein yang lebih tinggi dibanding dengan non-legum. Tiap-tiap bagian tanaman mengandung protein yang khas. Tanaman mensintesis banyak macam protein dan disimpan secara luas dengan jumlah yang berbeda – beda dalam macam bagian tanaman.Hasil samping berupa bungkil yang sudah diambil minyaknya maka kadar protein akan lebih tinggi. Biji yang berbelah dua dan juga biji- biji yang menghasilkan minyak menghasilkan sumber protein lebih kaya daripada kacang kacangan biasa. Seperti kedelai dalam keadaan kering mengandung protein kurang lebih 43%. Sedangkan jagung mengandung protein 10%. Pada rumput- rumput muda mengandung lebih banyak protein antara 20-25% berat kering.
c. Lemak

  • Lemak pada tanaman terdapat pada biji-bijian sebangsa legum seperti biji kedelai, biji kacang, biji wijen, dan lainnya. Bungkil merupakan hasil samping yang kadar lemaknya lebih rendah daripada bijinya. Karena bungkil merupakan hasil dari pembuatan minyak biji tanaman. Jika dibandingkan kadar lemak pada biji dengan bungkil maka lebih tinggi biji-bijian.





d. Karbohidrat

  • Tingginya kadar karbohidrat pada tanaman yang berupa selulosa sebagai struktur dan ETN (Ekstrak Tanpa Nitrogen) sebagai nutrien cadangan. Kadar karbohidrat dari butir butiran dan umbi adalah lebih tinggi dari pada kadar karbohidrat dari biji bijian. Karbohidrat merupakan sumber energi. Salah satu contoh bahan pakan sumber energi adalah jagung, bahan pakan ini murah untuk penyusunan ransum ayam.
e. Vitamin dan Mineral

  • Tanaman mendapatkan mineral dari tanah. Tanaman akan menyerap unsur unsur mineral didalam tanah kemudian memprosesnya untuk pertumbuhan tanaman itu sendiri.Mineral utama yang terdapat pada tanaman adalah kalium (K) dan kersik (Si), namun pada jenis legum mineral utamanya adalah kalsium (Ca). Pada bagian tanaman yang memiliki kadar mineral yang tinggi yaitu pada bagian yang tumbuh seperti pucuk daun.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Omasum

Rumen

Retikulum